Salah Satunya Sudah Meninggal, Inilah 8 Pembalap Pesaing Ketat Valentino Rossi dari Masa ke Masa

Posted on

Pasti banyak disini sobat jadul yang ngefans sama mang Rossi sang legenda hidup MotoGP, apa lagi buat kamu-kamu yang udah ngikutin MotoGP dari tahun 90an. Ditahun-tahun itu jadi sepesial banget lantaran tahun 1996 dan 1997 Indeonesia pernah jadi tuan rumah moto gp. Khususnya ditahun 1997 nih, lagi ngetop banget tuh pembalap pemuncak klasemen dari masing-masing kelas, ada Mic Doohan di kelas 500cc, Max Biagi 250cc, and Mang Rossi alias Valentino Rossi 125cc.

Valentino Rossi 2019
Foto: jatim.tribunnews.com

Sayangnya 1997 jadi tahun terakhir Indonesia menggelar kejuara’an MotoGP, dan sejak sa’at itu kita cuma bisa nonton ajang balap motor nomer satu dunia ini lewat televisi. But wait.. ternyata ditahun 2021 nanti pihak Dorna udah resmi ngumumin kalo Indonesia bakal jadi tuan rumah lagi cui.. Tapi ngga di Sentul lagi, MotoGP 2021 bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Mungkin biar pada liburan sekalian ke Labuan Bajo kali ya..

Lanjut lagi nih tentang Mang Rossi, Do’i emang udah ngga muda lagi nih, Diusia yang ke 40 tahun, tercatat sekarang do’i jadi pembalap tertua di MotoGP. Nah tau ngga sih cui.. kalo selama berkarir Valentino Rossi udah berkompetisi sama pembalap-pembalap top lintas generasi. Rifalnya bahkan udah ada yang pensiun, pindah kejuara’an, bahkan juga ada yang udah tutup usia.

1. Max Biaggi (2001-2005)

Valentino Rossi dan Max Biaggi musim 2000.
Valentino Rossi dan Max Biaggi musim 2000. (AFP PHOTO / JIMIN LAI)

Pertempuran mereka ini dimulai pada tahun 2001 di level 500cc. Biaggi and Rossi berjuang untuk ngerebut gelar juara yang akhirnya melahirkan banyak duel di trek itu sendiri. Grand Prix of Catalonia pada tahun itu panas n sengit cui..  sehingga direktur MotoGP memanggil mereka dan meminta mereka untuk ngejelasin tindakan mereka.

Sayangnya Biagi akhirnya lebih memilih pidah jalur ke Superbike karena ngga bisa nyaingin skill Rossi selama 4 tahun bersaing di ajang Moto GP cui..

2. Sete Gibernau (2003-2005)

persaingan rossi gibernau
Foto: motorcyclenews.com

Setelah sebelumnya berteman, dua pembalap ini memulai persaingan profesional yang mencapai puncaknya di Grand Prix Qatar 2004. Sete Gibernau bisa dibilang penerus Mic Doohan lantaran sama-sama berasal dari Australia, do’i juga punya skill yang mumpuni nih.

Walaupun duel antara mereka lebih banyak dimenangin Rossi, Gibernau juga sempet finish di urutan pertama, tapi lagi-lagi Mang Rossi tampil jadi juara dunianya. Rifal Rossi yang satu ini sekarang udah pensiun nih dari dunia balap motor.

3. Marco Melandri (2006-2010)

persaingan rossi melandri
Foto: Crash.Net

Seperti halnya dengan Gibernau, Rossi adalah teman baik Marco Melandri yang sama-sama berasal dari negeri pizza, sebelum pertempuran profesional mereka dimulai. Pembalap yang masih berkarir diajang superbike inijuga sempet ngasih perlawanan yang impresif sepanjang musim dia di MotoGP nih..

Melandri dipandang sebagai pewaris status Rossi sebagai raja MotoGP dan keduanya dengan cepat mulai memperjuangkan gelar di musim 2006. Sayang gelar juara dunia gagal do’i raih, yang akhirnya bikin do’i lebih memilih ngikutin jejak Biagi hijrah ke ajang Superbike.

4. Nicky Hayden (2006)

Rossi Nicky Hayden
Foto: media2give.com

Mereka sempet akrab n mesra di satu tim Ducati, tapi perlu diketahui kalo mereka pernah punya persaingan ketat pada musim 2006 ketika pembalap asal Amerika ini mulai ngasih perlawanan yang serius ke Rossi untuk perebutan gelar juara dunia MotoGP.

Rossi tidak pernah benar-benar menganggap Hayden sebagai saingan, lantaran do’i jarang finih diurutan pertama disepanjang musim, tapi rajin naik podium. Eng ing eng.. kejutan pun terjadi, dewi Fortuna berpihak ke Hayden, Mang Rossi sering ngalamin kendala di motornya disepanjang musim, yang akhirnya harus mengikhlaskan gelar juara dunia jatuh ketangan Hayden. 

Sayangnya karir balap buat The Kentucky Boy ini harus kelar lebih dini kerena insiden kecelaka’an di Italia di tahun 2017. Bukan dilintasan balap, insiden itu terjadi ketika Hayden sedang berolah raga sepeda, tapi na’as sang pembalap tewas tertabrak mobil yang lepas kendali.

5. Casey Stoner (2007-2012)

stoner-rossi
Foto: motorcyclenews.com

Setelah Rossi harus rela kehilangan gelar juara dunia ditahun 2006 oleh Hayden, ternyata hal serupa terjadi lagi di musim berikutnya 2007. Ternyata Rossi benar-benar mendapatkan perlawanan yang sangat serius dari pembalap Ducati asal Australia “Casey Stoner”. Banyak pengamat yang menilai kalau MotoGP musim 2007 ini adalah salah satu musim terbaik dalam sejarah dunia, lantaran persaingan antara mereka.

Ngga cuma sapai disitu dua tahun berikutnya Stoner memtuskan pindah ke tim Repsol Honda, yang akhirnya mengantarkan dirinya ngerebut gelar juara dunia yang kedua kalinya. sebelum akhirnya doi’ memutuskan pensiun dini ditahun 2012 diusianya yang ke 27.

7. Jorge Lorenzo (2008-2016)

Rossi Lorenzo
Foto: Motorsport.com

Diera 90an persaingan pembalap satu tim sering banget terjadi dari musim ke musim, ini terjadi diera kejaya’an tim Repsol Honda sa’at itu, dimana duel-duel dan persaingan sengit lebih sering dimenangkan oleh Mic Doohan.

Nah diera tahun 2000an akhir persaingan serupa terulang tapi bukan di tim Repsol Honda lagi, melainkan tim pabrikan Yamaha, antara Mang Rossi dan Jorge Lorenzo. Bahkan bisa dibilang rivalitas kali ini lebih sengit karena keduanya sama-sama pernah ngerebut juara dunia secara bergantian.

Jorge Lorenzo memang sudah tidak satu tim lagi dengan Rossi, dimusim 2019 ini bakalan berlaga dengan tim barunya Repsol Honda setelah dua tahun sempat hijrah ke tim Ducati.

8. Marc Marquez (2015-2018)

Marquez Rossi
Foto: marca.com

Nah ini nih.. Om admin setuju banget kalo kompetitor Rossi yang satu ini disebut The Baby Alien. Punya skill diatas pembalap rata-rata pembalap yang satu ini digadang-gadang bakal melewati Rossi dalam mengoleksi gelar juara dunia MotoGP.

Marquez emang pembalap yang skillnya gila-gila’an plus do’i punya ambisi yang gede banget untuk selalu jadi juara. Kalo menurut pengamatan om admin Marquez ini bahkan lebih mumpuni ketimbang Rossi dikala seusia Marquez.

Sempet terlibat di persaingan yang berbau kontrofersi, Marquez dan Rossi yang sebelumnya adalah fans dan idola yang menjalin hubungan akrab, akhirnya terjalin hubungan yang sangat dingin nih diantara mereka sampai sa’at ini.

Terutama dimusim 2015 dimana Marquez banyak disebut-sebut oleh tim dan fans Rossi sebagai biang kerok kegagalan Rossi ngeraih gelar juara dunia yang ke 10 yang udah didepan mata. Dimana do’i dianggap membantu Jorge Lorenzo jadi juara dunia dengan cara yang ngga fair.

Yah karena gelar juara dunia ditahun itu udah clossed buat Marquez, jadi do’i lebih milih Lorenzo yang jadi juara dunia ketimbang Rossi. Bisa jadi kalo Rossi yang juara bakalan semakin panjang rekor dunia yang harus dia lewatin, kali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *