Dari Jaman Dulu Kenapa Ada Korban Jiwa Pendaki di Gunung Gede

Posted on
Gunung Gede
Image Source: tipsjalan.com

Udah trend dari jaman dulu anak kampus or sekolah SMA setingkatan di JABODETABEK, ngadain agenda perdana pendakian ke Gunung Gede Pangrango. Dan ternyata hal inilah yang jadi penyebab utama kenapa hampir disetiap tahunnya selalu ada pendaki yang menjadi korban jiwa di Gunung terpopuler di Jawa Barat ini.

Jadi gini sobat jadul, kesimpulan diatas bukan hal yang ngga berdasar, Kami punya alasan jelas mengapa hal tersebut menjadi alasan utama selain sisi teknis dalam ilmu survival di alam bebas.

Memilih Gunung Gede Pangrango untuk agenda pendakian perdana atau pemula adalah keputusan yang kurang tepat. Tapi kenapa ini banyak dipilih oleh sebagian besar pendaki pemula dari Jakarta dan sekitarnya:

Gunung Gede berjarak cukup dekat dengan Jakarta

Jadi orang Jakarta dan sekitarnya pasti kalo ngeliat jarak dan cost transportasi ke jalur start pendakian gugung Gede, pasti menjadi acuan kenapa gunung ini jadi pilihan utama. Bisa ditempuh kendara’an pribadi seperti Mobil, Motor, atau dengan kendara’an umum Bus dan commuter line Jakarta-Bogor. Biasanya para pendaki banyak yang memilih jalur pendakian melalui jalur Cipanas.

Untuk costnya sendiri karena berjarak ngga jauh dari pusat kota, otomatis ngga butuh ongkos terlalu gede alias ramah dikantong, apalagi buat para pendaki yang ongkosnya aja masih nodong sama ortu. Dengan pertimbangan itu pulalah yang biasanya bikin para pendaki pemula nggampangin persiapan dan kesiapan mereka buat nanjak.

Tau ngga sih cui kalo gunung Gede itu punya ketinggian 2.958 mdpl, sedangkan saudara kembarnya Pangrango 3.019 mdpl. Jalur star pendakian Cibodas punya ketinggian 1.250 mdpl. Itu artinya untuk mencapi puncak gunung Gede kita harus menempuh ketinggin kurang lebih 1.708 m. Sedangkan Pangrango 1.769 m. Inget ya ini  bukan jarak tempuh melainkan ketinggian.

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Dengan ketinggian tersebut kita bisa ambil kesimpulan kalau Gunung ini bukanlah gunung yang tergolong mudah untuk dilalui oleh pendaki pemula, apalagi bener-bener perdana mendaki gunung.

Apa yang akan terjadi jika minim persiapan selama proses pendakian ?

Bukan maksut nakut-nakutin atau mematahkan semangat kamu untuk nyoba mendaki gunung nih.. Tapi persiapan yang matang dan etika mendaki bener-bener ngga boleh kita anggap remeh. Semua rencana dan semangat kamu mendaki, mungkin akan berakhir dengan happy ending, jika semua berjalan lancar tanpa ada kendala serius dengan minimnya persiapan, dan itu juga banyak dibuktikan oleh beberapa pendaki pemula.

Tapi bagaimana jika terjadi kendala atau masalah dalam pendakian. Ingat slogan “Bogor Kota Hujan” ? Eit.. itu bukan mitos lho.. Kota Bogor bisa dibilang kota yang punya curah hujan tinggi, cuaca yang ngga menentu ini juga harus jadi pertimbangan untuk pendakian ke Gunung Gede Pangrango.

Hipotermia masih menjadi situasi yang paling banyak menghantui para pendaki pemula bahkan sampai menimbulkan korban jiwa di Gunung Gede. Banyak yang salah mengartikan kalo hipotermia adalah cuaca dingin yang sangat ekstrim.. That’s wrong cui.. sedingin-dinginnya disana, apalagi “Surya Kencana” ( Puncak Gunung Gede ) ngga akan mencapai ke titik beku, ya karena negara kita negara tropis.

Hipotermia bisa diartikan suatu kondisi di mana mekanisme tubuh gagal mengatasi tekanan suhu dingin. Manusia adalah makhluk hidup berdarah panas, ketika tubuh kita terselimuti oleh suhu dingin dengan tiba-tiba maka di sa’at itulah mekanisme tubuh akan kesulitan mengatur suhu tubuh, sehingga menyebabkan Hipotermia.

Hal ini biasanya terjadi karena hujan atau badai tiba di fase pendakian. Sa’at pendakian tubuh kita sedang bekerja keras, dimana hampir semua organ tubuh terutama jantung dan paru-paru sedang kita pacu untuk bekerja lebih keras selayaknya orang sedang berolah raga. Dengan demikian, suhu dalam tubuh kita benar-benar panas, seperti mesin kendara’an yang sedang dipacu.

Rombongan terpecah, tidak membawa jas hujan yang memadai, atau bahkan menyimpan jas hujan didalam carrier yang sulit dijangkau, itu berarti bencana cui. Nyari tempat berteduh ? inget this is the jungle cui.. bukan Taman bermain.. jangan berharap dapet tempat berteduh, kecuali beruntung ketemu rombongan yang udah berpengalaman “They know what supposed to do”.

Hipotermia tidak seketika menyerang, dicuaca dingin dengan fisik yang mulai terkuras dan kondisi badan yang mulai basah karena air hujan, membuat suhu tubuh yang panas gagal beradaptasi dengan suhu dingin yang menyelimuti tubuh. Jika mulai hilang kosenterasi, bahkan berhalusinasi itu bertanda hipotermia sudah mulai menyerang.

Dan situasi inilah yang akhirnya banyak merenggut nyawa para pendaki di Gunung Gede, yang mayoritas mereka adalah pendaki pemula. Mudah-mudahan hal serupa ngga akan terulang lagi dimasa yang akan datang, amin..

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango tidak cocok untuk pemula.

Walaupun sebagian besar track pendakian Gunung Gede sudah tergolong aman untuk pemula, namun dikarenakan jarak tempuh yang panjang dengan waktu tempuh 7-8 jam, om admin lebih setuju jika pendaki pemula untuk tidak memilih gunung ini sebagai jalur pendakian perdana.

Kandang Badak adalah titik lokasi pemisah antara jalur pendakian ke puncak gunung Gede atau Pangrango, biasanya dititik ini akan banyak ditemui pendaki-pendaki lain yang sengaja beristirahat panjang, entah dalam perjalanan muncak atau turun.

Dari titik lokasi kandang badak menuju puncak gunung Gede ( Surya Kencana ) jalur pendakian masih tergolong bersahabat untuk pendaki, tapi tidak demikian dengan puncak gunung Pangrango. Dengan jalur yang mayoritas terbuat alami oleh aliran air dan akar-akar pohon yang curam, butuh ekstra stamina dan kewaspada’an kamu supaya ngga kegelincir cui.

Wajar kalau banyak pendaki yang memilih bermalam di kandang badak, dan memutuskan muncak ke Pangrango tanpa carrier, nggendong carrier ke puncak Pangrango akan menjadi keputusan yang teramat sulit cui.. Tapi sebaliknya, puncak Gede akan menjadi pilihan utama untuk bermalam bagi para pendaki.

Gunung yang cocok untuk pendaki pemula

So.. kita sebagai warga Jakarta dan sekitarnya, pilih gunung mana dong yang cocok untuk pendakian perdana? Dengan cost yang lebih mahal dikit, karena jaraknya lebih jauh.. Gunung Papandayan bakalan jadi pilihan yang tepat buat kamu yang mau memulai pendakian perdana.

Gunung Papandayan berada di Kota Garut, 2 -3 jam lebih jauh dari Bogor. Tapi kamu akan mendapatkan sensasi yang sama dengan gunung Gede, tanpa harus melalui waktu tempuh pendakian yang panjang. Hamparan padang rumput yang dihiasi bunga edelweiss juga tetap bisa kamu nikmatin di puncak gunung Papandayan.

Gunung Papandayan
triptrus.com

Hanya butuh 2-3 jam waktu tempuh dari start jalur pendakian hingga puncak Papandayan. Bukan berarti gunung ini pendek ya cui.. 2.665 mdpl ngga beda jauh kan sama gunung Gede, hanya saja Papandayan punya jalur start pendakian yang jauh lebih tinggi ketimbang Gunung Gede. Jadi jarak tempuhnya ngga panjang and tergolong landai.

Yah itulah kurang lebihnya cuap-cuap meurut penelusuran dan pengalaman dari tim sahabat alam Jamandulu.com. Semoga infonya bermanfa’at, bolehlah komen jika ada masukan dan kekurangan. Dishare juga sangat diperbolehkan, supaya bisa ngasih manfa’at ke pembaca yang lain juga..

Selalu  jaga planet kita sebagai wujud syukur kita kepada yang Kuasa.. dan jangan pernah buang sampah sembarangan. Terimakasih.. salam lestari..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *